Kamis, 07 Januari 2016

Kenali Tanda Waktu Melahirkan Sudah Dekat

Sebelum due date, ada beberapa gejala yang dapat Anda rasakan. Beberapa gejala mungkin tidak lagi Anda sadari karena sudah terbiasa mengalaminya atau tertutup oleh gejala-gejala baru. Apa saja gejala yang menandakan sudah dekat waktunya persalinan?

Berikut ulasan dari situs whattoexpect.com :

Perubahan aktivitas janin. Saat mendekati due date, janin akan lebih banyak menggeliat dan lebih jarang menendang karena ruang geraknya semakin berkurang.
Lendir vagina semakin banyak. Mungkin akan tampak helaian noda darah berwarna merah, cokelat, atau merah muda setelah berhubungan intim. Lendir juga akan keluar setelah menjalani pemeriksaan atau ketika mulut rahim Anda mulai melebar. Jika lendir berbau dan warnanya pekat, sebaiknya konsultasikan pada dokter Anda untuk menghindari terjadinya infeksi.
Nyeri di perut. Anda akan kerap mengalami sembelit, nyeri ulu hati, merasakan mulas, kembung, dan juga begah.
Perubahan di daerah punggung dan panggul. Anda akan merasa tidak nyaman dan sakit di daerah pantat dan pinggul, serta mengalami sakit punggung yang cukup intens.
Bengkak dan pusing. Anda akan merasakan sakit kepala, pusing, atau limbung. Selain itu, pergelangan tangan, wajah, dan telapak kaki Anda juga akan mengalami pembengkakan. Hidung Anda juga akan sering tersumbat dan terkadang mimisan. Tak hanya itu, telinga juga terkadang seolah tersumbat.
Lebih sering buang air kecil. Hal ini disebabkan karena posisi bayi Anda yang semakin turun, sehingga kandung kemih Anda tertekan, Moms. Selain itu, perut Anda juga akan terasa gatal dan pusar akan sedikit menonjol.
Kontraksi Braxton Hicks semakin sering. Menjelang persalinan, Anda akan semakin sering mengalami kontraksi Braxton Hicks alias kontraksi palsu. Beberapa di antaranya mungkin akan menimbulkan rasa nyeri. Anda pun akan sulit tidur dan selera makan jadi berubah, bisa meningkat atau turun.
Selain gejala-gejala fisik di atas, ada gejala psikis yang juga mengikuti, Moms. Ini beberapa di antaranya:

Anda akan semakin gembira, gelisah, takut, dan kerap lupa akan hal-hal kecil.
Anda merasa lega karena waktu yang Anda tunggu-tunggu sudah dekat.
Anda akan mudah marah dan merasa terseinggung, apalagi jika banyak yang menanyakan kapan due date Anda.
Tidak sabar dan resah
Kerap bermimpi dan berkhayal tentang bayi Anda.
Selamat menunggu hari persalinan ya, Moms! (Lydia Natasha Hadiwinata/DC/Dok. M&B UK)

sumber : http://u.msn.com/id-id/gayahidup/lifestylebabies/kenali-tanda-waktu-melahirkan-sudah-dekat/ar-AAgd5W4?li=AAfu64g&ocid=SK2GDHP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar