Kamis, 26 November 2015

7 Cara Menjadi Orang yang Lebih Persuasif

Kemampuan meyakinkan orang lain amat penting untuk menunjang karier, bisnis, maupun social life. But remember, persuasi tidak sama lho dengan manipulasi. Simak dulu tujuh trik berikut untuk meningkatkan kemampuan persuasif Anda.


Bangun Kesan Pertama yang Baik

Don’t judge a book by its cover. Ungkapan itu memang benar. Namun nyatanya, tampilan saat kesan pertama amat bernilai. Sebuah penelitan mengatakan, seseorang dapat menilai Anda bahkan saat baru bertemu tujuh detik saja. That’s why, Anda perlu membangun kesan pertama yang baik mulai dari memerhatikan gaya bicara, postur tubuh, dan cara berpakaian.


Menyapa dengan Nama

Orang persuasif akan selalu berusaha mengingat nama dan menyebutnya ketika berbicara dengan dia. Penelitian menunjukkan, orang merasa lebih dihargai ketika orang yang sedang bicara dengan dia menyebut namanya. Jika Anda sulit mengingat nama, jangan takut untuk meminta dia menyebutkan namanya untuk kedua kali, anggap saja ini untuk memperkuat daya ingat Anda.


Sampaikan Ide dengan Jelas

Orang persuasif mampu menyampaikan ide mereka dengan ringkas dan jelas. Selain harus benar-benar menguasai hal yang akan disampaikan, Anda juga perlu memilih detail mana yang paling menjual. Perhatikan juga bahasa tubuh mulai dari mimik muka hingga penampilan secara keseluruhan.


Tunjukkan Rasa Percaya Diri

Kepercayaan diri adalah hal yang mudah diucapkan namun sulit dilakukan. Jika Anda tidak merasa percaya diri, then try to look like one! Menunjukkan rasa percaya diri dengan apa yang Anda lakukan dan katakan, akan membuat orang lain ikut merasa yakin.


Menjadi Pendengar yang Baik

Berusahalah memahami lawan bicara dengan mencari tahu background mereka dan memelajari hal yang kira-kira ia sukai. Perhatikan hal yang selalu ia ucapkan dan sebut kembali kata-kata tersebut saat tiba giliran Anda bicara. Ketika ia akan merasa benar-benar didengarkan, makin mudah pula bagi Anda menyampaikan pesan padanya.


Banyak Bertanya

Jangan pernah hilang fokus dengan tidak mendengarkan karena memikirkan apa yang harus dikatakan selanjutnya. Hasilnya, pembicaraan Anda dan orang tersebut jadi tidak nyambung kan? Cara menghindari ini, adalah dengan banyak bertanya. Orang lain akan senang jika lawan bicaranya menunjukkan ketertarikan dan rasa ingin tahu dengan apa yang mereka katakan.


Jadi Diri Sendiri

Terakhir dan yang paling penting, orang persuasif tahu pentingnya menjadi diri sendiri. Orang peruasif sadar bahwa saat berhadapan dengan orang lain, mereka tak perlu menjadi orang lain. Yup, no one likes a fake.
sumber : http://u.msn.com/id-id/gayahidup/livingsocial/7-cara-menjadi-orang-yang-lebih-persuasif/ar-BBni5KT?li=AAfu64g&ocid=SK2GDHP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar