Kamis, 26 November 2015

Ini Akibatnya Bila Suka Tahan BAB

Para ahli kesehatan kembali menyerukan untuk tidak menunda buang air besar. Dalam beberapa kasus ekstrem, menahan buang kotoran dapat mengakibatkan kematian.

Situs Mirror, Jumat (20/11/2015) melaporkan, menahan buang air besar berulang kali dapat menyebabkan disfungsi otot dan gangguan usus. Fatalnya, ketika feses menumpuk di rektrum, Anda bisa mengalami sembelit kronis hingga harus operasi atau bahkan memicu kematian.
"Menahan feses dalam tubuh sangat berbahaya. Saat kering, kotoran ini dapat memblokir sistem kerja tubuh dan memberikan dampak serius di usus. Bisa dibayangkan semua limbah dan racun menghambat kerja usus," kata gastroenterologist di Massachusetts General Hospital, Kyle D Staller.

Ahli mikrobiologi, Giulia Enders memberikan tips agar usus bekerja efektif, seperti:

1. Usahakan buang air besar dengan jongkok

BAB jongkok mempermudah kotoran keluar karena membuka jalur usus besar dan memudahkan proses membuang tinja.

2. Pikirkan apa yang Anda makan

Makanan butuh dua sampai tiga jam untuk dicerna. Bayangkan bila Anda hanya mengonsumsi kue atau keripik dan jarang mengonsumsi sayuran dan buah. Hal ini akan membuat usus lebih lelah.

sumber : http://u.msn.com/id-id/kesehatan/andayanglebihsehat/ini-akibatnya-bila-suka-tahan-bab/ar-BBnfoCA?li=AAfudgK&ocid=SK2GDHP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar