Selasa, 17 November 2015

Kiat Berkendara Aman di Musim Hujan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengendarai mobil pada cuaca hujan tentu berbeda jika dibandingkan dengan pada cuaca cerah.
Beberapa hal yang terjadi pada cuaca hujan, seperti tergenangnya jalanan oleh air hujan dan terbatasnya jarak pandang, berisiko menimbulkan kecelakaan lalu lintas.
Dengan demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan berkendara pada cuaca hujan.
1. Pastikan lampu kendaraan bekerja dengan baik.
Lampu penting dinyalakan saat hujan demi membantu Anda tetap dapat melihat jalanan dengan baik dalam jarak pandang terbatas.
2. Periksa tekanan udara dan kedalaman alur ban.
Anda sebaiknya menghindari pemakaian ban yang sudah tipis. Pasalnya, kondisi hujan berisiko membuat kendaraan Anda tergelincir.
3. Pastikan kondisi karet wiper tidak getas.
Jika telah getas atau pecah-pecah, karet wiper butuh diganti karena sapuan terhadap air hujan yang menerpa kaca menjadi tak lagi sempurna.
4. Periksa kondisi kontrol utama pada kendaraan.
Untuk dapat berkendara dengan aman dan nyaman, kontrol utama kendaraan, seperti kemudi, pedal rem, gas, maupun kopling tentu harus dalam keadaan prima.
5. Perhatikan cara Anda berkendara.
Sebaik apa pun kondisi mobil, keamanan dan kenyamanan berkendara tetap bergantung pada bagaimana cara Anda berkendara. Dalam cuaca hujan, Anda sebaiknya mengurangi kecepatan dan menjaga jarak aman ketika berkendara.
Head of Training and Development Shop&Drive, Chinto Adiputera, memaparkan hal di atas ketika ditemui di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Rabu (11/11/2015).
Ia juga menyampaikan adanya fasilitas istimewa dari Shop&Drive untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara Anda di musim hujan.
Anda dapat datang ke outlet Shop&Drive terdekat untuk mendapatkan pengecekan kondisi kesehatan mobil secara gratis.
Pengecekan meliputi kondisi lampu, wiper, minyak rem, tekanan angin pada ban, dan lain-lain.
Jika ternyata kondisinya tak cukup baik, Shop&Drive tentunya menyediakan fasilitas penggantian oli, ban, minyak rem, minyak power steering, dan wiper.
sumber : http://u.msn.com/id-id/kesehatan/andayanglebihsehat/kiat-berkendara-aman-di-musim-hujan/ar-BBn1wDY?li=AAfudgK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar